Searching...
Saturday 15 June 2013

Ini Dia Tampilan dan Fitur Unggulan iOS 7

Saturday, June 15, 2013

Rumor bahwa Apple akan merombak sistem operasi mobile iPhone dan iPad secara besar-besaran ternyata terbukti benar. 

Tak hanya mengusung tampilan baru bergaya "flat", iOS 7 juga dilengkapi berbagai macam fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas dan kepraktisan perangkat-perangkat mobile Apple sampil tetap mempertahankan desain simple yang menjadi ciri khasnya.

Apa saja fitur-fitur baru tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dirangkum oleh Kompas Tekno dari Cnet dan situs resmi Apple.

1. Desain "flat"
Dulu, ketika masih berada di bawah komando Scott Forstall, iOS menganut konsep desainskeuomorphic alias menggunakan tekstur seperti benda-benda fisik tertentu, misalnya pada icon aplikasi Notes yang tampil mirip buku catatan. Kini, tampilan lama itu hilang sudah, berganti icon hasil rancangan baru yang terlihat "rata" tapi tetap familiar.

iOS7 Icons 
(Gambar: Apple.com)

2. Control Center dan Notification
Inilah salah satu fitur yang benar-benar baru diterapkan pada iOS7. Control Center yang mirip dengan fitur serupa pada Android bisa diakses dengan menyapukan jari dari bawah layar ke atas menyediakan akses langsung ke fungsi-fungsi yang paling sering diatur, seperti WiFi, Bluetooth, dan Airplane Mode. 

iOS7 Control 
(Gambar: Apple.com)

Ada juga tool flashlight yang meniadakan kebutuhan untuk aplikasi third party bagi keperluan ini.

Notification diakses dengan menyapukan jari dari atas layar ke arah bawah dan menyajikan notifikasi yang terbagi dalam tiga tab. Tab pertama memuat seluruh alert, yang kedua menampilkan daftarmissed call dan messages, sementara tab ketiga yang bernama "Today" mengingatkan pengguna pada jadwal aktivitas harian.

3. Safari gaya baru

Browser default iOS, Safari, kini menggabungkan kolom search dengan URL sehingga pengguna bisa melakukan pencarian dan mengetik alamat website di tempat yang sama, seperti pada browser Google Chrome dan Opera Next.

iOS7 Camera2 
(Gambar: Apple.com)

Navigasi tabbed browsing kini juga dipermudah dengan tampilan vertikal yang menyajikan semua tab dari atas ke bawah yang bisa dipilih dengan menyapukan jari. Jumlah tab tak lagi dibatasi hanya delapan. Fitur ini pun mirip dengan yang sebelumnya sudah ada lebih dulu di smartphone Android.

4. AirDrop
AirDrop merupakan layanan file sharing peer-to-peer yang menciptakan jaringan ad-hoc lokal di antara pengguna yang saling berdekatan. 


iOS7 Airdrop
 
(Gambar: Apple.com)
Perangkat dengan iOS7 akan mendeteksi perangkat-perangkat lain (yang juga menggunakan iOS7) dan menampilkan wajah pengguna masing-masing di layar. Untuk berbagi foto, pengguna bisa menekan "wajah" teman di layar. Foto kemudian akan dikirim ke perangkat tujuan dengan WiFi dan Bluetooth.

Pengguna juga memiliki opsi "invisible" yang bisa diakses dari Control Center jika sedang merasa tak ingin berinteraksi. 

Sayangnya fitur yang satu ini hanya akan tersedia untuk tiga perangkat terbaru dari Apple, yaitu iPhone 5, iPad generasi ke-4, dan iPad Mini.

5. Fitur kamera baru
Aplikasi kamera pada iOS7 menempatkan semua mode pengambilan gambar yang tersedia di tampilan muka sehingga dapat langsung diakses. Kini terdapat pilihan format panorama, video, dan "segi empat" yang mirip Instagram. 

iOS7 Camera2 
(Gambar: Apple.com)

Ada juga tombol khusus filter untuk menambahkan efek-efek visual pada foto. Filter ini bisa ditambahkan secara real-time, diaplikasikan di lain waktu, ataupun dihilangkan apabila pengguna berubah pikiran.

6. Multitasking
Akhirnya, gadget mobile Apple bisa menyamai platform lain dalam kemudahan berpindah-pindah antar aplikasi. Daftar aplikasi yang sedang dijalankan bisa diakses dengan menekan tombol home sebanyak dua kali. Untuk menutup aplikasi, pengguna tinggal menggeser "icon" aplikasi yang bersangkutan ke arah atas layar.

iOS7 Multitask 

(Gambar: Apple.com)

7. iTunes Radio

Aplikasi iTunes kini menyediakan layanan mirip Pandora, Google Music, maupun Spotify dengan mencakup siaran-siaran radio. Seperti sebelumnya, iTunes akan terikat dengan Apple ID pengguna.

8. Siri yang lebih "pintar"
Aplikasi digital voice assistant pada iOS yang lebih dikenal dengan nama Siri kini mendapat sejumlah fungsi baru, seperti tambahan suara laki-laki di samping suara perempuan pada versi sebelumnya. 

Siri pada iOS7 juga mampu mengatur fungsi-fungsi perangkat seperti menaik-turunkan brightnesslayar, menyalakan Bluetooth, dan lain sebagainya.

9. Facetime Audio 
Lebih suka panggilan suara dibanding video? Kemampuan tersebut kini sudah tersedia lewat Facetime Audio yang mentransmisikan suara lewat jaringan WiFi.

10. Update otomatis

App Store kini bisa melakukan update aplikasi secara otomatis. Fitur automatic-update ini bisa dimatikan di layar setting apabila dirasa tidak diperlukan.

Selain deretan fitur yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hal baru yang ditambahkan Apple pada iOS7, seperti aplikasi cuaca baru dan photo-sharing melalui iCloud.

Sayangnya, pengguna yang tertarik upgrade harus bersabar menunggu lebih lama lagi karena iOS7 disebutkan baru akan tersedia sekitar kuartal ketiga tahun ini. Apple pun belum menyebutkan tanggal pasti untuk ketersediaannya.

baca juga : IOS 7 bawa perubahan total ke Iphone

Source : kompas

1 comments:

  1. safarinya keren sih tapi ga ngerti kenapa beberapa hal disama-samain sama android , beda tampilan kan buat beda pilihan, kalau sama aja kenapa buat apa.

    ReplyDelete