Searching...
Tuesday 4 June 2013

Linux Mint 15: Olivia Resmi Dirilis

Tuesday, June 04, 2013
Linux Mint yang belakangan ini popularitasnya mampu mengalahkan Ubuntu, kembali hadir melalui versi Linux Mint 15 yang menggunakan nama Olivia.
Distro Linux ini memang kerap menggunakan nama kode nama wanita yang menggunakan huruf pertama secara berurutan berdasarkan alfabet. 
Meski demikian nama Olivia diambil dari nama asli Latin yang berarti pohon zaitun (olive tree). Pohon zaitun merupakan simbol dari kesuburan, keindahan, dan martabat.
Olivia diklaim pengembang mereka, Clement Lefebvre, sebagai proyek yang paling ambisius yang menggabungkan banyak fitur baru. Rencananya Olivia akan hadir dalam 4 edisi yaitu Cinnamon, MATE, KDE dan Xfce, namun baru Cinnamon dan MATE saja yang resmi dirilis dimana kemungkinan dua edisi lainnya akan menyusul.
Olivia menggunakan basis yang sama dengan Ubuntu namun dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu itu sendiri. Beberapa fitur andalannya yang yaitu dukungan terdapat EFI, MATE yang telah mengalami sekitar 2000 perbaikan ke versi 1.6, Cinnamon telah diperbarui ke versi 1.8.
Olivia sudah bisa diunduh melalui situs resminya dan masing-masing edisi menghadirkan versi 32-bit dan 64-bit. Kedua edisi tersebut juga menyediakan versi minimalis di mana tidak disediakan codec multimedia dengan tujuan agar ukuran filenya lebih kecil dan memudahkan bagi pengguna yang memiliki bandwith terbatas. 
Source : www.infokomputer.com

0 comments:

Post a Comment