Searching...
Friday 7 June 2013

Kesalahan Fatal Dalam Menilai Android

Friday, June 07, 2013

Banyak orang awam menilai salah terhadap Android, mereka hanya menilai sesuatu dari satu Sisi saja,padahal jika mereka mau sedikit meluangkan waktu untuk melihat kedalam tentu akan bisa merubah pandangan terhadap apa yang mereka fikirkan.Berikut rangkuman hasil survey dan hasil analisa saya terhadap penilaian yang salah terhadap Android.

1
.   Android itu Susah
Banyak orang menilai android itu susah,banyak kasus dimana orang awam atau orang yang belum pernah mencoba Smartphone yang ber OS android berfikir android itu susah,kenapa bisa demikian? Ini terjadi karena :
·       Android itu Harus di Oprek
Mungkin banyak dari mereka yang membaca liputan dan review berita dari banyak Forum seperti Kaskus,XDA atau forum lainnya yang membahas Oprek Android,ROM,Root Dll. Padahal Android itu tidak harus demikian, Smartphone android akan tetap bagus dan maximal tanpa harus di Oprek. Jika mereka tau,justru itulah kelebihan OS Android yang bisa di Oprek jika mau lebih memaximalkan Kinerja Smartphone mereka.
·       Menu OS nya susah
Orang yang terbiasa dengan Smartphone/Handphone biasa mungkin pernah berfikir menu dari Android itu susah. Padahal tidak demikian.Jika seandainya mereka mau mencoba tentu akan mereka akan ketagihan dengan kemudahan menu dan kekomplitan fiturnnya.
·       Pemakai Android Harus Cerdas
Tidak juga,pemakai biasa yang tidak hobi IT pun bisa memakai android. Kata-kata yang benar adalah “Dengan Android menjadi Cerdas”.

2.   Harus Selalu Online
Kebanyakan orang awam takut membeli Android karna mereka menilai Android itu hanya berfitur Online,atau Smartphone khusus buat Online.Padahal tidak seperti itu,android memang mempunyai fitur Online terbaik dari OS smartphone yang lain,tapi tidak diwajibkan selalu online.Orang yang hanya menggunakan smartphone lebih banyak untuk kerja,nelpon dan SMS pun juga sangat bisa.Justru menurut saya pribadi OS android sangat maximal digunakan untuk pekerjaan atau hal-hal diluar Online.Jadi kata-kata yang benar adalah “Android merupakan OS berfitur Online Terbaik”.

3.   Boros Pulsa
Benarkah sebuah Smartphone/Tablet android itu terkenal Boros pulsa? Mari kita kaji :
·       Jika kita bandingkan dengan handphone ber OS biasa seperti symbian tentu akan berbeda, karena kebanyakan fitur mereka tidak push secara lansung,atau harus diakses dahulu baru bisa keliatan update informasi. Sedangkan android adalah kebalikannya, jadi memang kemungkinan pulsa akan berjalan dengan sendirinya. Jadi apakah android itu boros? Bagi saya tidak tepat bahasanya,kenapa demikian? Untuk mendapatkan informasi yang lebih baik tentu kita membutuhkan tenaga yang baik pula dan hukum ini akan berlaku sebaliknya. Sebenarnya jika orang tersebut hanya menggunakan android untuk hal yang biasa saja,atau ingin mendapatkan smartphonenya sehemat handphone biasa juga sangat bisa dilakukan. Jangan manfaatkan fitur lengkap Android anda. Perlu diingat,untuk sebuah smartphone tentu punya fitur segudang dibanding handphone biasa.Jika tak kita manfaatkan fitur tersebut maka akan menjadi handphone biasa. Sebagai perbandingan Smartphone Blackberry yang mempunyai fitur tidak sebaik Android (maaf, menurut saya) malah lebih boros dibanding Android kenapa? Karena mereka diwajibkan untuk membeli paket untuk bisa memanfaatkan layanan mereka.
·       Wajib membeli paket Online
Tidak benar,yang benar adalah “Untuk fitur Online maximal sebaiknya memakai paket Online”. Ingat,tanpa Online sekalipun Smartphone android akan lebih baik dari Handphone/smartphone ber OS lain.

4.   Android itu Mahal
Benarkah demikian? Coba kita simak contoh perbandingan dibawah ini :
·       Blackberry gemini (1,7 jt) VS Samsung Galaxy Mini (1,4 jt)
·       Blackberry Dacota (5,5 jt) VS Xperia S (5,3 jt)
·       Iphone 4S 16 Gb (7,3 jt) VS Samsung Galaxy Note (5,9 jt)
·       Iphone 4S 32 Gb (7,8 jt) VS Samsung Galaxy S3 (6,9 jt)
·       Nokia Lumnia 710 (2,8 jt) VS Sony Experia Ray (2,4 jt)
·       Dll
Saya takkan menjelaskan lebih komplit masalah fitur dari Smartphone diatas. Untuk informasi atau kekomplitan fitur bisa di searching di Google atau bisa dicoba sendiri, itu saya ambil contoh untuk perbandingan harga dari beberapa smartphone ber OS lain (bukan untuk melebihkan atau mengurangi suatu merk produk),tapi dengan harga smarphone android dibawahnya malah bisa melebihi fitur dari lawan yang saya contohkan diatas. Jika tidak percaya,silahkan anda mencoba sendiri.

5.   Android tidak bisa BBM –an
Jika tujuan awal anda untuk mendapatkan layanan BBM atau hanya fokus ke chatingan aplikasi tersebut tentu android tak mendapatkannya. Tapi jika anda bertujuan untuk mendapatkan Smatphone yang bisa dan sangat baik dalam hal layanan chating maka Android takkan kekurangan,berikut saya jelaskan sendikit :
·       Google Talk = aplikasi ini otomatis ada pada waktu kita membeli perangkat android,aplikasi paling simple,ringat dan cepat,tapi memang belum selengkap yang lain.
·       Google+ = menurut saya aplikasi jejaring social ini sangat lengkap,selain mempunyai fitur sebaik facebook,maka aplikasi ini juga bisa dijadikan messengeran,dan bahkan mempunya hangout atau face bersama disebuah grup.Untuk info lengkap bisa seraching di Google.
·       Aplikasi Messenger yang sangat banyak di Google Play = Contoh : whatsapp,Line,kik,Kakao,dll. Sangat banyak aplikasi messenger untuk android yang tersedia dipasar android. Dan apakah sebaik BBM? Bagi saya sangat baik dan bahkan lebih lengkap.

Untuk pembaca yang menemukan kekeliruan/kekurangan dalam penulisan saya diatas silahkan berbagi disini, kritik membangun akan sangat berguna bagi kami.Trims

Source : droid-indonesia

0 comments:

Post a Comment